Khasiat Madu


MADU


Tahukah Anda ! Betapa madu merupakan sumber makanan penting yang disediakan Allah Subhanahuwa Taala untuk manusia melalui serangga kecil ini?

Madu tersusun atas beberapa sebatian gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Di samping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng, serta beberapa jenis hormon.

Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran, madu adalah “ubat bagi manusia”. Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ahli madu yang bertemu pada Konvensyen Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada 20-26 September 1993 di China. Seminar tersebut membahas pengubatan dengan menggunakan ramuan yang berasal dari madu. 

Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari (bee pollen), dan propolis dapat mengubati berbagai penyakit. 

Seorang doktor dari Romania mengatakan bahwa ia menguji madu untuk pengubatan pesakit katarak, dan 2002 dari 2094 pesakitnya sembuh. 

Para doktor dari Poland juga menyatakan dalam seminar tersebut bahwa resin lebah dapat membantu penyembuhan banyak penyakit seperti buasir, masalah kulit, penyakit ginekologik, dan berbagai penyakit lainnya.

Dewasa ini, apikultur dan produk lebah telah membuka cabang penelitian baru di negara-negara yang sudah maju dalam hal ilmu pengetahuan. Manfaat madu lainnya dapat dijelaskan di bawah ini:

Mudah dicerna: Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa), madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.

Madu rendah kalori: Kualiti madu seandainya dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walaupun memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.

Madu dapat diserap lebih cepat ke dalam darah: Jika dicampur dengan air suam, madu dapat menyerap ke dalam darah dalam waktu tujuh minit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengguna gula terbesar.

Madu membantu pembentukan darah: Madu menyediakan banyak energi yang diperlukan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih menarik lagi, ia membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapilari dan arteriosklerosis.

Madu membunuh bakteria: Sifat madu yang membunuh bakteria disebut “antioksidan”. Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali ganda bila dicairkan dengan air. Sungguh menarik bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu cair oleh lebah-lebah yang ditugaskan merawat mereka seolah-olah mereka tahu kemampuan madu tersebut.

ISTIMEWANYA MADU
Setiap 1.000g madu bernilai 3.280 kalori. Nilai kalori 1kg madu sama dengan 50 butir telur atau 5,575 l susu, atau 1,680 kg daging.

Sebetulnya, khasiat madu amat berkaitan dengan kandungan gulanya yang tinggi. Iaitu fruktosa 41%, glukosa 35%, dan sukrosa < 5%. Serta unsur kandungan lainnya, seperti tepung sari (pollen) ditambah berbagai enzim pencernaan. Lalu ada Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, antibiotic dan lain-lain lagi..
Meskipun rasanya manis, reaksi tubuh manusia terhadap madu yang manis itu berbeza dibandingkan dengan gula atau gula pasir. Madu dapat diproses langsung menjadi glukogen, sedangkan gula harus diproses terlebih dulu oleh enzim pencernaan di usus. Dengan demikian tubuh manusia dapat lebih cepat merasakan manfaat madu dibandingkan dengan gula pasir. Dari beberapa hal itu, rasanya dapat disimpulkan bahawa madu sememangnya memberikan manfaat yang sangat penting dalam kehidupan manusia... 

Dapat disimpulkan berdasarkan kajian-kajian para ilmuan, Madu dapat membantu dalam masalah-masalah berikut:

- Penyembuh yang mujarab
-Kuasa mencerdaskan otak
-Antioksida & menghentikan serangan bakteria
-Melawaskan sistem pencernaan
-Membantu buah pinggang berfungsi dengan lebih baik
-Mencergaskan fikiran disebabkan banyak oksigen dibawa ke otak
-Mengurangkan kesakitan kulit terbakar
-Mengurangkan parut
-Meransang pertumbuhan sel baru dan mempercepat penyembuhan luka
-Mengurangkan demam, batuk berkahak dan melancarkan pernafasan
-Menegangkan kulit muka dan awet muda
-Membina otot
-Merawat penyakit jantung dan perokok
-Mencegah barah dan strok
-Memelihara janin dalam kandungan
-Menguatkan seks dan kesuburan
-Baik untuk Al-Hafiz (Penghafal)
-Baik untuk ibu selepas bersalin.

Insya Allah...


No comments:

Post a Comment